Buta namun percaya
Share our blog

Ibadah chapel mahasiswa.
Buta namun percaya.
Mark. 10: 46-52
Oleh: Stephen Juniarto.

Kisah Bartimeus yang buta sudah tidak asing lagi bagi kita. Sekilas peristiwa penyembuhan ini terlihat biasa dan tidak begitu istimewa. Namun kisah ini sungguh luar biasa, karena walaupun Bartimeus buta namun dia melihat. Bahkan dia melihat lebih baik daripada banyak orang yang tidak buta. Dia buta namun dia dapat melihat keagungan Yesus sehingga dia percaya.
1. Dia mendengar firman.
Memang tidak tertulis secara eksplisit bahwa Bartimeus mendengar firman, namun dari tindakan Bartimeus pada ayat 27 bahwa ia “berseru” kepada Yesus mengindikasikan bahwa ia sudah mendengar tentang Yesus, mendengar perbuatan-perbuatan ajaib Yesus, bahkan mungkin mendengar langsung khotbah Yesus sehingga dia berseru agar Yesus menyembuhkan dia.
Bartimeus percaya karena dia mendengar. Maka dari itu pentinglah bagi kita untuk senantiasa mendengar firman. Karena iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus.

2. Dia berseru. (ay. 47).
Tidak mungkin Bartimeus berseru tanpa dia percaya, sebaliknya karena dia percayalah maka dia berseru.
Berseru juga berarti kita meminta Tuhan untuk mengulurkan tangan-Nya pada kita, tanda bahwa kita tidak mampu.
Marilah kita berseru kepada Tuhan. Kita percaya bahwa Tuhan mau dan mampu untuk menolong kita.

3. Dia menanggalkan jubah. (ay. 50)
Bartimeus melakukan hal yang tidak terduga, yaitu dia melemparkan jubahnya padahal tentu sangat sulit bagi orang buta untuk mengambil sesuatu. Dia yakin dengan sungguh bahwa Yesus akan membuat dia tidak membutuhkan jubah (pengemis) itu lagi, karena dia akan segera dipulihkan.
Ini adalah tindakan yang luar biasa. Bartimeus percaya maka dia menanggalkan jubahnya. Seberapa banyak dari kita yang berani seperti Bartimeus untuk menanggalkan “jubah.” Seringkali kita membuat pertimbangan-pertimbangan “logis” dalam mengikut Tuhan. Namun marilah kita belajar dari sosok Bartimeus yang percaya penuh kepada Yesus.
Bartimeus buta, namun dia melihat. Bahkan dia melihat jauh lebih baik daripada kebanyakan orang yang dapat melihat.

Tuhan Yesus memberkati.
#stas_surabaya #khotbahkristen #renungankristen