Ibadah chapel mahasiswa.
Gereja yang berpadanan.
Efesus 4: 1-6.
Oleh: Meilan Angelina Pasia.

Dalam teks ini, Rasul Paulus menasihatkan jemaat di Efesus untuk hidup mereka sebagai orang-orang yang telah dipanggil oleh Kristus berpadanan dengan panggilan itu.
Dalam memenuhi panggilan tersebut, Paulus menasihatkan beberapa hal yang perlu dilakukan oleh jemaat di Efesus untuk dilakukan.
1. Memiliki kelemah lembutan. (ay. 2).
Rasul Paulus menasihatkan jemaat agar mereka selalu lemah lembut. Perkataan yang lemah lembut meredakan kegeraman (Ams. 15:1) sehingga memperkecil untuk timbulnya perpecahan didalam gereja. Terkadang suatu konflik dapat terjadi hanya karena hal remeh seperti komunikasi verbal yang kurang tepat yang mengakibatkan penolakan oleh orang lain karena kita dalam menyampaikan pesan tersebut dinilai kurang baik.
Maka dari itu marilah kita memiliki kelemah lembutan agar perkataan kita tidak menimbulkan kegeraman.

2. Memiliki kesabaran. (ay. 2).
KJV memakai kata “longsuffering” untuk kata “sabar” pada ayat ini yang jika diterjemahkan secara sederhana ke dalam bahasa Indonesia menjadi “penderitaan panjang.” Artinya, sabar dalam ayat ini berkenaan dengan penderitaan dalam mengikut Tuhan.
Penderitaan (karena iman) pasti dialami oleh setiap orang percaya. Banyak bagian didalam Alkitab telah mengingatkan akan adanya penderitaan. Oleh sebab itu hendaklah ketika kita mengalami penderitaan itu, kita menjalaninya dengan sabar serta tentunya didalam Tuhan.

3. Memelihara kesatuan. (ay. 3).
Kita sudah dipersatukan oleh Roh Allah. Oleh karena itu teruslah berusaha memelihara kesatuan itu dengan hidup damai. Untuk mencapai ini, Paulus sudah memberi beberapa nasihat pada ayat 2; rendah hati, lemah lembut, sabar, mengasihi (saling membantu). Hendaklah kita memelihara kesatuan, karena tanpa adanya kesatuan maka hanya akan ada perpecahan dan kegagalan.

Tuhan Yesus memberkati.
#stas_surabaya #khotbahkristen #renungankristen

Error: View 7d8d85fxbh may not exist

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *